who am i

iklan terselubung,boleh kah?

Posted on: March 23, 2010

beberapa hari ini,banyak hal yang gw lalui dalam hidup,kamar gw kebanjiran untuk kedua kali nya dalam bulan ini,seumur idup gw,ini kali kedua gw ngalamin banjir yang bener2 masuk sampe kamar,jaman2 masih di kampung,gw bener2 nda pernah yang nama nya ngerasain kebanjiran,selain masih penyempurnaan proyek akhir,gw juga lagi sibuk nge garap satu proyek yang masih rahasia,dan gw yakin kali ini,,

dan jujur,setelah tidak bisa menepati janji nge blog 2 hari sekali,skrg gw mulai sedikit buntu buat nulis,dan yang bikin tambah sakit hati adalah,koneksi gw sempet2 nya naik2 turun,padahal udah jam 2 pagi skrg,,

tulisan gw skrg akan bercerita tentang blok mem blok dalam dunia penyiaran,baik itu tv ato pun radio,sebenernya tulisan ini terinspirasi gara2 hobi gw nonton family outing,belakangan gw lagi suka nontonin variety show besutan SBS korea,jadi cerita nya adalah tentang sekelompok artis korea,yang terdiri dari penyanyi,aktris dan MC,yang d seting seolah2 sekeluarga,mereka berkunjung ke desa2 di korea,dan menginap dirumah keluarga yang dipilih,sementara sang keluarga terpilih pergi berlibur,keluarga bikinan ini diberi beberapa tugas yang harus mereka selesaikan selama 2 hari,cerita tentang family outing nya gw cut di situ aja deh,nah yang menjadi perhatian gw sebenernya adalah,hobi para editor,mereka itu suka nge blur in merk2 yang di pake ama si artis2 ini,dan yang menurut gw rada kurang mantap adalah,kadang2 mereka nge blur merk2 yang sudah menjadi legenda,sebut saja adidas,nike,dan lain-lain,mereka sengaja nempelin lakban warna item cuma buat nutupin logo nike,padahal tanpa mereka blur pun penonton sudah tau merk apa itu,,pelit kah mereka????

pertanyaan selanjut nya adalah bagaimana dengan indonesia,gw rasa hal-hal kayak gini juga terjadi di beberapa reality atau variety show di negara kita,apalagi sekarang2 kan lagi musim nya variety show dan “katanya” reality show,untuk beberapa acara mereka rajin nge blur,ada juga acara yang ngeblur untuk produk2 tertentu saja,produk2 yang memang sudah punya nama justru nda di blok,aneh bin kejam yaa,harus nya justru produk2 yang baru yang di dukung,lagian artis2 disitu belum tentu berniat promosi,kecuali artis tersebut emank duta dari produk tersebut,kalau gw pribadi lebih berharap kalau “mereka” lebih arif,apa salah nya sih sama-sama ngedukung produk lokal,kayak distro-distro lokal buatan bandung,atau outlet2 makanan made in indonesia aseli,

selain di dunia pertelevisian,ternyata hal yang sama juga terjadi di dunia perradio an,jaman2 gw masih suka denger radio dulu,pas jam-jam an request lagu via sms,penyiar sering nge sensor sms2 dari pendengar,kalau2 ada sesuatu yang berhubungan dengan merk,baik itu cafe,ato pun merk2 yang lain,

padahal kalau kita liat negri nya paman sam,gw nda tau mereka pake perjanjian dulu apa nda,tapi sesuatu produk lokal yang sudah menjadi legenda suka di pajang di film ato pun di acara2 variety show,kayak Chacha ama M&M aja,sudah nda terhitung berapa judul film yang menampilkan M&M ama chacha,contoh lain adalah merk mobil Dmc dan ford,jangan diitung deh berapa judul film yang secara terang2 an menampil kan,logo dan grill khas Dmc,dan berapa judul film yang mengusung mobil mustang,,nah itu baru dari sisi produk,ada juga film di amerika yang suka membantu promosi acara2 lain,sebut saja film ocean13 yang jelas2 menampilkan acarah oprah winfrey show,gw sendiri nda tau apakah itu saling membantu secara gratis ato ada perjanjian tertulis dulu,tapi seenggak nya,hasil nya cukup nancep di hati penonton,,,

Leave a Reply

