who am i

tag di facebook,apa sih fungsi nya

Posted on: March 30, 2010

nda kerasa udah minggu baru lagi,kmrn earth hour 2010,gw nongkrong d lab bareng temen2,berbeda dengan taun lalu,gw d kosan gitar2 an ama temen2 kosan,cuma emank sih kita nda murni matiin lampu dan semua alat elektronik lain nya,gmn mau matiin,ntar anak2 lab lain pada protes,,,

minggu pagi kita sempet ngadain acara bazar,alhamdulillah hasil nya lumayan,dan gw juga sempet ngobrol2 ama mahasiswa dari nigeria,gw sempet ngobrol panjang lebar tentang budaya mereka,but mostly cerita nya masalah agama,dan for your information bandung masih sama kayak beberapa bulan yang lalu,setiap sore ujan terus,nda tau deh kapan musim ujan akan berenti,

kali ini gw mau nulis tentang fenomena foto tagging di facebook,foto tagging emank pertama kali diperkenalkan ama facebook,situs jejaring sosial yang dulu(baca friendster)tidak memiliki fitur foto tagging,nah sejak booming nya facebook di indonesia orang2 banyak yang meninggalkan friendster,dan pindah ke facebook,gw inget banget,awal2 gw pake facebook,jangankan buat ketemu temen kampus,sma ato smp,ketemu orang indonesia aja susah di facebook,makanya gw balik lagi ke friendster,gw bikin badge di facebook,abis ntu gw taro di friendster page gw,,banyak orang yang nanya2 facebook itu apaan,,gw cuma jawab dengan senyum :D,setelah itu baru menjamur pengguna facebook,dari anak muda sampe orang tua smua pake facebook,sampe fenomena alay pun terjadi

secara garis besar beberapa fitur yang membedakan facebook ama friendster antara lain,notification(paling kerasa beda nya),pop up chat,foto tagging,video tagging,sama see wall to wall,sisa nya sama aja,di tulisan kali ini gw cuma pengen ngebahas masalah foto tagging,kenapa,karna belakangan ini menurut gw foto tagging mulai digunakan tidak sesuai dengan semesti nya,setau gw fungsi foto tagging yang sebenernya adalah untuk menandakan temen kita,jadi mempermudah mengenali,misal nya dalam acara reunian ato kopi darat suatu komunitas,kan nda mungkin smua orang bisa hafal nama orang yang ada di foto,dengan foto tagging bisa mempermudah,

namun sekarang2 ini,fungsi foto tag ini sudah berubah dan mengalami perkembangan,mulai dari buat lucu2 an,gw inget pernah ada temen gw yang jalan2 ke taman safari trus foto2 sama monyet,dengan tanpa berdosa di ngetag foto temen nya dimuka si monyet,atau pas temen gw di tag ade nya d foto nenek2 yang lagi minum aer di botol bir,

ada juga yang make tag foto buat mempermaluin orang lain,sebenernya ini masih masuk dalam lucu2 an,kayak temen gw yang ngetag temen2 nya yang lain di foto,seorang temen yang lagi ngorok,ada juga yang menggunakan tag foto buat manggil bala bantuan,dalam artian buat ngarap comment,kayak temen yang yang ngetag gw di foto yang baru aja dia jepret,kalau gw pribadi ngeliat,dia pengen karya nya dia di apresiasi,dan gw rasa yang seperti ini sah sah aja,

dan fungsi-fungsi lain nya,dari beberap fungsi tambahan ini,ada yang positif ada yang juga yang negatif,sekarang tergantung bagaimana kita menyikapi nya,saran dari gw,bijaklah dalam bercanda berperilaku di facebook,karena comment ato tagging yang anda lakukan bisa dipidanakan disaat orang lain merasa tidak suka,itu bisa masuk dalam pidana,UU ITE kalau nda salah bisa dibilang pencemaran nama baik 😀

Leave a Reply

