who am i

vegetarin for dummies

Posted on: July 16, 2010

vetarian,,arti gampang nya nda makan daging,gw inget banget gw memulai debut sebagai vegetarian pas gw umur 18 taunan,pas gw baru2 dibandung,semester satu an,pada dasar nya gw bukan tipe orang pemakan daging,,dari dulu gw emank nda terlalu suka daging,,terutama daging sapi,didunia ini makanan agak berkolesterol yang sangat2 sangat2 gw suka cuma dua,yang pertama pesmol ikan buatan nenek,inget buatan nenek gw,,buatan nyokap nda seenak buatan nenek,gw juga tau apa yang kurang,tapi pas makan buatan nenek itu seger nya beda 😀 ,sama ayam kecap buatan nyokap,buat gw ayam kecap nyokap itu bener2 nda tergantikan lah,,rasa nya beda banget,nah loh binggung kan,,kenapa nda ada makanan khas padang disitu,,alasan nya masih sama,,makanan khas padang itu daging2 an smua,,, 😀

menurut gw ada beberapa alasan kenapa orang2 memilih menjadi vegetarian:

1.karna agama
2.pengen keren2 an
3.pengen sehat
4.pengen ngirit

kalau gw sendiri tidak terpengaruh dengan alasan no 1,karna agama gw sama sekali tidak melarang gw untuk makan daging sapi atau daging ayam,mungkin kalau di persentase,10% karna pengen keren2 an,70% karna pengen sehat,dan 20% karna pengen irit,biarpun untuk alasan no 4 itu nda selalu benar,karna dibeberapa tempat malah harga makanan vegetarian ini terbilang mahal,

dulu gw adalah vegetarian-vegetarian an,,gw nda seratus persen nda makan daging dan antek2 nya,,gw masih makan telor beberapa kali seminggu,karna kadang2 gw juga agak bosan makan tahu dan tempe terus,apalagi penyajian nya gitu2 aja,selama nyaris dua tahunan jadi vegerarian gw bisa ngambil kesimpulan:

1.tahu dan tempe itu sama dengan nyawa mu,selama jadi vegetarian gw makan beberapa puluh potong tempe dan tahu sehari,,buat gw pribadi sih itu nda jadi suatu masalah besar,karna dari kecil gw adalah penggermar tahu akut,gw nda pernah peduliin seenak apa lauk utama nya,,selama ada tahu disitu,gw cuma makan pake tahu doank,makanya nda heran nyokap gw sangat hobi memadu padankan makanan apapun sama tahu,mulai dari balado2 an,sampe gulai2 an,,tahu2 an nda pernah ketinggalan

2.jamur itu rasa nya kayak daging ayam,,jamur yang warna putih2 itu(gw lupa nama nya,,jamur merang kali yaa),,buat para vegetarian rasa nya tidak jauh beda sama daging ayam,cuma nda amis doank sih,,ngomongin soal jamur gw jadi inget jaman2 SMA,,,nyokap gw suka banget bikin tumis jamur pagi2,,mau jamur merang,jamur kuping,itu sangat2 nikmat kalau jadi temen nya nasi anget sebelum berangkat sekolah,apalagi jamur itu seger2 banget,hasil metik bonyok gw,karna dulu(nda tau sekarang masih apa nda),,bonyok gw selalu nyempetin diri jalan santai sekitaran lingkungan rumah,,dan karna gw tinggal di country side(baca pinggiran kota),jadi apa2 tinggal metik sendiri deh,selain itu juga sangat2 suka sama sop jamur kuping bikinan nyokap,,rasa nya kenyel2 gimana gitu,,mungkin bisa disamain kayak kikil yang dipake di mi kocok kali yaaa 😀

3.telor itu banyak kolestrol nya,gw rasa semua orang udah tau dan sadar kalau kolestrol yang terkandung di telor cukup tinggi,,makanya kalau pengen sehat,jangan terlalu sering makan telor

4.sea food aja deh,,biarpun pas gw masih vegetarian gw tidak makan seafood,,gw sangat sadar kalau kadar kolestrol di seafood itu bisa masuk kategori lebih rendah dari pada ayam atau sapi,,apalagi kambing,

untuk jadi vegetarian itu sebenernya nda terlalu susah,,gampang nya yang bener2 kita butuh itu cuma niat dan keimanan :D,,dan ngikutin step2 dibawah ini

1.observasi
seeenggak2 nya seminggu sebelum tidak makan daging lagi,kita harus melakukan observasi dulu,dimana tempat dengan menu tahu dan tempe tervaratif,dimana tempat makan yang banyak daging2 an nya(harus di hindari neh),siapa2 saja temen2 kita yang karnivora akut(diawal2 sangat dirokemendari kan untuk   dihindari),selain itu kita juga harus nge observasi ajakan BBQ untuk minggu pertama tidak makan daging,,gw inget ada BBQ senior sekitaran sebulanan setelah gw nda makan daging lagi,,kacau nya disitu sama sekali nda ada tahu atau tempe,,yang ada cuma ayam dan lalapan,,ya sudah lah,,mau nda mau gw harus nge hajar lalapan pake sambel doank,tanpa nasi,dan nyaris tergoda ngeliat temen2 yang pada asik makan ayam bakar 😦

2.planning
setelah punya data2 yang lengkap,,kita harus mulai menyiapkan planing selama seminggu pertama,misal nya hari senin siang menu nya orek2 tempe plus tumis jamur,plus tahu isi bla bla,,dan patuhi semua planing yang telah lu bikin

3.mulai dengan puasa
khusus buat yang muslim pasti nda asing dengan puasa senin kamis,sebener nya buat temen2 yang non muslim juga nda ada larangan kok buat puasa,dengan berpuasa dihari pertama kita tidak makan daging,kita bisa menolak ajakan temen kita yang masih karnivora untuk makan siang bareng,sow bakalan terhindar dari godaan

4.evaluasi dan sugesti
setelah seminggu pertama sempat kan diri untuk mengevaluasi segala sesuatu yang udah lalui seminggu belakang,,biarpun kita udah sukses tidak makan daging semingguan ini,inget2 kaldu ayam atau sapi yang kita cicipi,,bisa saja sayur sop yang kita makan kmrn kaldu ayam nya kerasa banget,hal2 kayak gitu itu bisa mempengaruhi minggu kedua kita,,dan tak lupa sugesti diri kita ,misal nya dengan ngomong sendiri “duh seminggu nda makan daging,badan jadi kerasa nyaman banget” dengan sugesti2 sedikit lebay itu,semangat kita untuk minggu depan akan bertambah besar,selain itu kita juga tambah kuat dan nda gampang tergoda sama bujuk rayu setan yang bergentayangan di luar sana ^_^V

gw nulis tulisan kayak gini biar jadi sugesti ke diri gw sendiri supaya tetep semangat nda makan daging lagi,udah dua minguan ini gw “nyaris” tidak makan daging :D,sekali nya makan daging langsung pusing 😦

3 Responses to "vegetarin for dummies"

yang putih tu namanya jamur tiram bukan jamur merang :p

hahahha,,saya lupa,,,jadi kangen neh tumis jamur dipagi hari 😦

Wah, nice info boz.

dari dulu pengin banget ni vegetarian… well mungkin masih ad makan daging tp paling telor aja lah dikit2. byar seimbang, karena setau saya, tubuh kita ttp butuh protein hewani.

trs, sekalian tanya nih, klo kaldu2an gt, sm sebangsa penyedap gimana “hukum” nya secara vegetarian?? apakah “halal” atau “haram”

Thanks.

Btw klo butuh Obat Herbal non kimia, bebas efek samping, plus teruji praklinis, bisa shopping di : Borobudur Herbal

Leave a Reply

